Yang Buat Betah dan Ga di Australia

Sudah beberapa bulan berlalu sejak aku pulang dari Australia. Dengan program WHV (apa itu WHV? nanti aku jelasin yaa), aku berkesempatan tinggal satu tahun di Australia dan bisa bekerja secara legal untuk membiayai kehidupan disana. Di negeri kangguru ini, aku pertama kali menginjakkan kaki di salah satu kota besar di Australia yaitu Sydney. Sydney aku pilih setelah baca tulisan sana sini tentang pengalaman anak WHV lainnya dan sepertinya bakal menjadi tempat yang paling aman untuk memulai satu tahun di Australia.



Setelah tinggal tiga bulan di Sydney, aku bersama beberapa teman satu kerja pindah ke suatu kota kecil di Queensland bernama Mareeba. Kami pindah kesini untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan tahun kedua (2nd year WHV) agar bisa tinggal lebih dari setahun di Australia. Lima bulan dihabiskan untuk memenuhi syarat 88 hari 2nd year dan setelah itu aku menghadiahi diri dengan liburan ke Brisbane selama 14 hari dan 10 hari di Melbourne. Liburan selesai dan aku kembali ke Sydney untuk bekerja di tempat kerja pertama sekaligus menghabiskan sisa waktu WHV yang pada waktu itu tinggal sekitar tiga bulan lagi.

Yep jadi itulah rangkuman kemana aja aku selama setahun di Australia. Selama tinggal disini, ada beberapa hal yang membuatku betah untuk tinggal lebih lama disini.

Transportasi Umum


Ga heran kenapa warga disini banyak yang jalan kaki jika dibandingkan dengan mereka yang mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Disini ada tiga moda transportasi yang bisa kamu pilih ketika ingin bepergian ke tempat yang cukup jauh jika dilakukan dengan jalan kaki yaitu train, bus, dan light trail (disini aku lebih cerita tentang transportasi di Sydney karena aku menghabiskan waktu cukup lama di Sydney yaitu sekitar 6 bulan). Train merupakan yang paling populer di Sydney karena waktunya yang hampir selalu tepat waktu, kalaupun telat biasanya paling lama sekitar 2-3 menit. Untuk Sydney, khusus minggu tarif train jadi sangat murah yaitu AUD2,5 seharian!




Bus cocok untuk menjangkau beberapa tempat yang yang sulit dijangkau dengan train seperti perumahan, bus juga lebih banyak hanya saja lebih sering terlambat karena macet dan di beberapa suburbs (pinggiran kota), bus hanya ada sampai jam 9.30 malam. Light trail atau biasa juga disebut tram, yang ini belum banyak di Sydney dan beberapa jalurnya masih dalam tahap pembangunan sampai sekarang.


Sulitnya menemukan sampah bececeran


Ya, walaupun tetap ada, tapi termasuk sulit untuk menemukan sampah bececeran disini. Apa karena tong sampah yang sangat banyak? Ga juga. Ada beberapa waktu aku harus nyimpan bungkus makananku di tas sampai ketemu tong sampah terdekat. Kalau diperhatikan, ini karena memang kesadaran dari warganya. Seperti di taman contohnya, ketika mereka sedang menikmati makan siang dengan makanan takeaway nya, mereka bakal mengumpulkan sampah nya dan membawa ke tong sampah terdekat, walaupun di sekitar taman tidak ada tulisan "hanya binatang yang buang sampah sembarangan disini"




Ada juga contoh lain, waktu itu aku lagi di pantai yang memperbolehkan membawa peliharaan dan terlihat beberapa pengunjung yang berjalan-jalan sore di sekitar pantai bersama anjingnya. Salah satu anjing pup di pasir pantai dan dengan sigap sang pemilik mengenakan sarung tangan plastik, mengambil pup anjingnya, memasukkannya ke plastik yang sudah mereka bawa, kemudian membuangnya ke tong sampah.

Suhu


Untuk orang yang tidak terlalu tahan dingin seperti aku, suhu di Australia termasuk tidak terlalu tinggi sekalipun itu sedang di musim panas. Sinar matahari memang sangat menyengat terkadang apalagi ketika lagi cerah, tapi tetap saja rasanya ga begitu gerah karena angin yang berhembus. Angin ini juga yang membuat badan ga keringatan walaupun jalan kaki jauh (dulu pernah jalan kaki dari Sydney Opera House ke rumah yang jaraknya 5,1km hahahah).

Tempat wisata gratis dan terawat


Ini nih yang buat tiap akhir pekan selalu semangat buat keluar rumah. Banyak tempat yang bisa dikunjungi seperti taman, museum, perpustakaan, pantai, festival, dan lainnya yang sebagian besar gratis tis tiiisss. Asiknya lagi, tempat tempat ini walaupun gratis tapi bersih dan terawat ditambah pengunjung juga yang ga seenaknya ngerusakin atau ngotorin. Malah dulu aku sering ke satu danau (Lake Eacham) di daerah Queensland yang sepertinya ga ada yang jagain, tapi pengunjung udah paham aja kalau piknik bawa bekal tuh ntar sampahnya dikumpulin terus dibuang, abis BBQ an langsung diberesin dan dibersihkan buat pengunjung selanjutnya.

Manly Beach Sydney
Manly Beach di Sydney

Seni Jalanan


Disini banyak juga yang ngamen sekaligus unjuk kebolehan khususnya di pusat kota. Menariknya, mereka ngamen dengan alat-alat yang lengkap jadi ga bosan liatinnya sampai selesai. Untuk pelukis atau kaligrafer, kita juga bisa beli karyanya. Di kota-kota besar, beberapa sisi kota dihiasi graffiti yang kalau beruntung, bisa lihat langsung si seniman lagi ngelukis sisi dinding yang masih kosong.



Sebenarnya masih ada hal-hal lain yang buat makin nyaman disini, tapi rasanya sulit kalau ditulis disini karena beberapa hanya di kota tertentu saja, mungkin akan dibahas di tulisan selanjutnya. Tapi, dimanapun itu, tetap aja ada yang buat ngemalesin. Ini nih kalau menurut aku.

Transportasi umum


Ga selamanya transportasi umum bisa diandalkan, kenapa? Jawabannya adalah trackwork dan roadwork! nah, disini itu kalau lagi ada jalan atau rel yang rusak, mereka perbaiki di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Mungkin karena kalau hari biasa akan sangat mengganggu untuk orang yang bekerja. Nah, weekend yang biasanya dipakai untuk jalan-jalan pun kadang bisa jadi batal karena ini. Perjalanan ke satu tempat yang menghabiskan 20 menit, bisa jadi satu jam atau lebih karena trackwork. Malah, lebih parah lagi, terkadang tidak ada jadwal pasti jadi kita hanya bisa menunggu tanpa kepastian. Tapi, biasanya selama trackwork (lebih sering trackwork dibanding roadwork) bakal ada bus pengganti train, hanya saja bus ini tidak terlalu banyak dan tujuannya pun terbatas, kzl kadang jadinya.

Cuaca


Seperti yang aku ceritain tadi, walaupun panas, tapi rasanya ga gerah karena angin yang berhembus. Sisi ga enaknya nih, disini tingkat kelembapannya rendah dan ditambah angin tadi, kulit jadi kering. Mesti rajin rajin deh pake lotion, apalagi kalau untuk aku yang kerja ditempat yang buat tangan makin kering. Kadang bisa jadi gatal atau perih (sempat iritasi juga) karena kulit terlalu kering.

Sydney Opera House


Ini aja sih kalau secara garis besar. Kalau aku pribadi lebih banyak yang buat aku suka disini, makanya betah hehe

LJ Hotel, Smart Hotel yang Dekat dengan Pusat Kota

Jumat, 21 Juli aku dan teman teman blogger Medan menghadiri grand opening hotel berbimtang 3 di Medan, LJ Hotel. Hotel yang beralamat di jalan satu arah Perintis Kemerdekaan ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Terletak di sisi kiri jalan, hotel pun terlihat dengan logo LJ nya.

LJ hotel medan


Dibangun di atas lahan sekitar 26.510 hektar, LJ hotel memiliki total 74 kamar yang terdiri dari 3 standard rooms, 3 junior suite rooms, 10 executive rooms, 12 superior rooms, dan 46 deluxe rooms dengan fasilitas LED TV 32 inch, Wi-Fi, dan individual air conditioning control. Tersedia juga 5 meeting rooms dan satu Grand Hall dengan kapasitas 400 orang.

LJ hotel medan
Grand hall

Konsep Smart Hotel

Dengan lokasinya yang strategis, ini juga menguntungkan bagi para pengunjung karena tidak repot untuk ke beberapa spot di pusat kota Medan. Hanya sekitar 10 menit jarak antara LJ Hotel dengan stasiun kereta api, mall, dan beberapa objek wisata sejarah di kota Medan.

LJ hotel medan


LJ hotel medan


Hotel yang memiliki tujuh lantai ini mengusung konsep Smart Hotel sehingga hotel ini berbeda dengan hotel bintang tiga lainnya di Medan. Dengan menggabungkan reception desk dan lobby lounge, mereka menciptakan kesan dinamis untuk pengunjung yang datang. Kenyamanan pun ditingkatkan dengan tempat tidur yang lebih besar, rain shower, kopi dan teh di tiap ruangan, ukuran kamar yang lebih luas, dan lima tipe kamar dengan harga yang kompetitif.


LJ hotel medan


LJ hotel medan


General Manager LJ Hotel, Rizna Dwi Harmawani mengungkapkan bahwa selain Medan, Provinsi Aceh juga menjadi target khusus karena selain jaraknya yang tidak jauh dari Medan, warga Aceh juga sering berwisata ke Medan.

LJ hotel medan
acara dibuka dengan tari adat

LJ hotel medan


LJ hotel medan


Selama masa grand opening, LJ Hotel memberikan harga promo untuk Superior Room, Rp.350.000 yang sudah termasuk sarapan untuk dua orang.

Fave Hotel, Budget Hotel Kekinian di Medan

Sebagai traveler, hal-hal yang diperhatikan ketika berkunjung ke suatu tempat bukan hanya objek wisata dan kuliner, tempat menginap pun pastinya menjadi perhatian. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, fasilitas yang cukup dengan harga yang terjangkau jadi hal hal yang paling dicari. Untuk memenuhi kriteria tadi Fave Hotel pun hadir di Medan, budget hotel yang mungkin pas untuk kamu para traveler.

Fave Hotel Medan


Minggu, 14 Mei 2017 sektar jam 10 pagi aku dan beberapa teman blogger menghadiri soft opening budget hotel di jalan S Parman, Fave Hotel. Di lantai dua ruang meeting, kami mendengarkan tentang Archipelago International yang merupakan operator hotel-hotel besar di dunia dan sedikit tentang Fave Hotel dari pak Norbert, selanjutnya lebih lengkap tentang Fave Hotel dijelaskan olek pak Ivan, manager Fave Hotel.

Fave Hotel Medan
pak Nobert Vas (kiri) dan pak Ivan (kanan)

Dengan 4B yaitu Bedroom, Bathroom, Broadband, Breakfast. Hotel 12 lantai yang memiliki 131 kamar ini menggunakan kasur merk King Koil, bathroom yang bersih, Wi-Fi gratis berkecepatan tinggi, dan breakfast dengan aneka western dan indonesian food. Selain itu tersedia 4 ruang meeting yang bisa juga digabung menjadi ruang meeting yang lebih besar lagi, wine gallery yang masih dalam tahap dibuat, dan coffee lounge dengan kopi yang di roasting sendiri untuk memberikan kualitas yang lebih.

Fave Hotel Medan

Fave Hotel Medan


Meskipun Fave Hotel merupakan budget hotel, tapi beberapa fasilitas yang diberikan adalah fasilitas hotel berbintang 4, salah satunya untuk Security, ini dilakukan agar tamu yang menginap semakin merasa nyaman dengan keamanan yang diberikan.

Setelah di Medan rencana selanjutnya Fave Hotel juga bakal ada di Tasikmalaya, Sorong dan beberapa daerah lagi di Indonesia bagian timur. Untuk di Medan, kedepannya juga akan ada jasa titip oleh-oleh sehingga para traveler lebih bisa menjelajah Medan tanpa menghabiskan waktu di cari oleh-oleh.

Fave Hotel Medan


Ada apa dengan Pink?

Dari luar hotel sudah terlihat warna dominannya adalah pink, kami sempat bertanya kenapa dan pak Norbert pun menjelaskan bahwa Fave Hotel memang dibentuk sebagai hotel yang modern, trendy dan cocok untuk anak muda, terlihat juga di beberapa sisi hotel yang penuh dengan mural.

Warna pink dipilih dengan arti optimisme. meskipun menampilkan kesan modern tetapi Fave Hotel tetap tidak meninggalkan budaya lokal seperti memakai batik di hari tertentu dan ditampilkan tari dari adat Batak di hari soft opening ini.

Fave Hotel Medan

Fave Hotel Medan


Lokasi strategis

Fave Hotel memberikan banyak keuntungan kepada para tamu khususnya traveler. Beralamat di jalan S Parman, hotel ini dekat dengan beberapa café, restoran, dan pusat kuliner yang sudah cukup terkenal di Medan. Dekat dengan beberapa Mall dan yang pasti, dekat dengan beberapa situs sejarah di Medan seperti Kuil Sri Mariamman, Taman Kebun Bunga, Taman Ahmad Yani, dan lainnya. Bahkan ada beberapa tempat yang bisa didatangi hanya dengan jalan kaki. Lokasinya juga dekat dengan bank, kantor pemerintah, dan rumah sakit.

Fave Hotel Medan


Karena ini sudah masuk bulan puasa, Fave Hotel juga menyajikan buffet Ramadhan untuk kamu yang ingin berbuka dan sekalian melihat-lihat hotel ini. ada buffet berbuka puasa di Lime Restaurant dengan harga Rp.98.000, untuk tamu in-house harga menjadi Rp.88.000

Fave Hotel Medan


Fave Hotel Medan


Mumpung baru soft opening, ada diskon 15% untuk booking melalui aplikasi Archipelago Membership Apps yang sudah bisa diunduh di iOS dan Play Store. Selain mendapat tawaran beberapa promo, dengan aplikasi ini juga komunikasi dengan pihak hotel semakin mudah ketika kamu menginap, dengan fitur chat, kamu bisa langsung menyampaikan apa yang kamu butuhkan ke pihak hotel.




Fave Hotel
Jalan S. Parman No. 313A
Medan, 20153
Phone: +62 61 8881 5929
favehotels.com

Dokioo dessert, bukan cuma Dessert dan Japanese Bowl di Medan

Dokioo Dessert, awalnya aku pikir gerai yang satu ini bukan menyajikan kuliner khas Jepang, mungkin Taiwan karena untuk dessert luar Indonesia yang masuk ke Medan, baru Taiwan yang aku tau. Dari namanya juga mungkin tempat ini hanya menyajikan dessert dan makanan ringan lain yang cenderung manis, yang justru aku tidak terlalu suka.

Tapi, rasa tertarik untuk singgah muncul ketika cek cek instagram mereka @dokioo.dessert dan melihat profil dua musim Jepang tertulis disana dan melihat menu makanan berat Jepang, oh jadi Dokioo Dessert tempat makan makanan Jepang?

Dokioo Dessert Spring di Cemara
Dokioo Spring di Cemara


"Irrashaimase!"

Ucap waiter menyambut kami ketika sampai di Dokioo Dessert Spring di Cemara. Oh ya, ada dua Dokioo Dessert di Medan dengan tema yang berbeda, satu di jalan Sumatera dengan tema autumn atau musim gugur, satu lagi di tempat yang kami singgahi ini, Dokioo Dessert dengan tema Spring atau musim semi di Cemara.

Aku dan saudara ku memilih untuk duduk di sofa yang di bagian bawahnya tersedia colokan di tiap meja, pas untuk ku yang waktu itu perlu colokan untuk mengerjakan sesuatu dengan Laptop.

dokioo dessert and bowl cemara


Waiter pun datang memberikan menu. Sesuai namanya Dokioo Dessert, ada banyak pilihan dessert, kalau dihitung dari buku menu, ada sampai 30 menu dessert yang bisa kita pilih. Untuk menu lain seperti makanan berat dan ringan, tersedia juga beberapa pilihan walaupun tidak sebanyak dessert. Akhirnya kami pun memilih Katsudon Teriyaki Curry dan Tamago Kuma dengan rasa red velvet. Untuk minum kami pilih Milk Tea dan Cappuccino dulu biar tidak terlalu kenyang karena minum nantinya.

Sambil menunggu kami pun menikmati suasana disini, meskipun tidak terlalu besar, tersedia sampai 7 meja yang tidak terlalu rapat antara satu dengan yang lain, jadi kami bisa ngobrol tanpa khawatir mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain dan tersedia juga lantai dua.

dokioo dessert and bowl medan


Spring semakin terasa dengan dekorasi bunga Sakura di dekat pintu masuk dan hiasan dengan nuansa pink di beberapa sisi ruangan yang mengingatkan aku dengan hanabi di Jepang. Rasa nyaman pun semakin muncul ketika lagu Good-bye days nya YUI diputar, sebagai salah satu penggemar YUI, mendengar lagunya selain dari handphone cukup mengejutkan tapi menyenangkan.

Tamagoo Kuma pun hadir paling pertama di meja. Semangkuk purin (pudding ala Jepang) yang ditemani ice cream vanilla, Tamago, Jelly, Oreo, Dango (Japanese rice bowl cake), flakes ini disajikan dengan pilihan rasa Matcha, Red Velvet, Milk, Oreo, dan Taro.

Tamagoo Kuma Red Velvet Dokioo Dessert
Tamagoo Kuma dengan Red Velvet

Tamagoo Kuma Red Velvet Dokioo Dessert
Red Velvet on Tamagoo Kuma

Aku pilih Red Velvet, sebenarnya agak ragu juga karena selama ini cuma pernah minum red velvet latte, awalnya mau pesan yang pasti aja seperti matcha tapi karena lebih penasaran sama yang satu ini, jadilah red velvet yang terpilih, dan ternyata rasanya surprisingly good! apalagi ketika dicampurkan dengan ice cream dan purin nya, yang tadinya cuma aku tuang sedikit akhirnya jadi aku tuang semua ke mangkuk, sepertinya bakal pilih red velvet lagi nih kalau nge dessert kesini.

Cappuccino Dokioo Dessert Medan
Cappuccino

Katsudon Teriyaki Curry Dokioo Dessert
Katsudon Teriyaki Curry

Sambi menikmati Tamagoo Kuma, Katsudon hangat yang wangi curry nya langsung terasa pun sampai di meja kami bersama Cappuccino dan Milk Tea. Sesuai namanya Katsudon Teriyaki Curry ini merupakan nasi dengan sayur, telur, ayam goreng tepung yang empuk dengan dua saus yaitu Curry dan Teriyaki tidak lupa dengan semangkuk sup yang gurih. Semua menu yang kami pesan sudah sampai di meja untuk dinikmati sambil mendengarkan lagu Jepang yang beberapa di antaranya adalah anime soundtrack (keseringan nonton jadi tau xD)

"eh tau ga ini lagu apa? Enak loh, kayaknya aku pernah dengar"
'ntah aku gatau'
"coba dengarin lagi, sambil aku cari lewat aplikasi"
'gatau aku memang'
-_-'

Milk Tea Dokioo Dessert Cemara
Milk Tea

Dokioo Dessert and Bowl Cemara


Ternyata pilihan untuk memesan Cappuccino dan Milk Tea tidak salah, porsi banyak di main course dan dessert membuat dua minuman yang tidak terlalu manis ini jadi pas.

Dokioo Dessert cocok menjadi tempat santap beramai ramai bersama teman atau keluarga terlihat dari susunan mejanya, apalagi untuk para penggemar dessert juga Jepang seperti kami ini. Suasana, menu, sampai lagu Jepang (apalagi yang anime soundtrack) yang diputar semakin menambah semangat ku untuk bekerja lebih giat biar bisa ke Jepang nantinya. Disini juga tersedia Wi-Fi yang cukup kencang dan tidak perlu khawatir soal parkir karena halaman yang disediakan untuk parkir luas.

Dokioo Dessert and Bowl Cemara
Dokioo Dessert Spring dari depan

"Arigatou Gozaimasu" kata waiter dengan senyumnya sambil membukakan pintu keluar untuk kami.


'douitashimashite' :)


Dokioo Dessert and Bowl Cemara



*ngomong ngomong yang lagu tadi, sampe rumah akhirnya dapat judulnya, Kirameki by Wacci. Baru ngeh kalau itu ED salah satu anime yang aku suka, Shigatsu wa kimi no uso.

Tamago Kumaa (Rp.28.000)
Katsudon Teriyaki Curry (Rp.30.000)
Cappuccino (Rp.14.000)
Milk Tea (Rp.14.000)





Dokioo Dessert Spring
Komplek Cemara Asri ruko Golden Gate No.8B
Dokioo Dessert Center
Jalan Sumatera No.125
IG: @Dokioo.dessert
0813 6022 0669

Internet Cepat Untuk Lawan Konten Negatif

Sabtu, 22 April 2017. aku dan teman teman dari Blogger Medan (Blog M) hadir di acara Smartfren Gathering "Langkah Smartfren 4G Mencerdaskan Indonesia Lewat Internet" yang diadakan di Sajian Bhinneka. Acara dimulai sekitar jam satu siang dengan mas Agus sebagai pembicara.

Smartfren 4G Mencerdaskan Indonesia Lewat Internet
serius semua nih dengarinnya
Dengan hadirnya Smartfren 4G yang pastinya punya kemampuan akses informasi yang lebih cepat dari sebelumnya, smartfren berharap agar kemudahan ini justru digunakan untuk hal yang positif. Tidak seperti dulu yang harus repot repot ke warnet, sekarang kalau mau internetan tinggal dari hp aja.

Smartfren 4G Mencerdaskan Indonesia Lewat Internet
mas Gilang lagi sharing beberapa contoh konten positif yang dibuat influencer

Tapi, harga kuota paket internet yang terjangkau dengan kecepatan akses yang baik membuat tidak hanya konten positif yang tersebar di dunia maya, konten negatif pun ikutan muncul dimana mana bahkan lebih banyak yang menjadi viral dibanding konten positif, contohnya di youtube, video yang tidak menyajukan hal positif malah lebih ke negatif justru masuk trending, kenapa bisa gitu ya?

Smartfren 4G Mencerdaskan Indonesia Lewat Internet
mas Aldridge lagi ngasih tau kenapa konten negatif bisa viral

Bang Aldridge jelasin kenapa bisa nih yang termasuk konten negatif bisa viral. Jadi, ketika kita menonton video itu ditambah lagi memberikan dislike, kita berkontribusi meningkatkan engagement konten itu, apalagi kalau ditambah kita ikutan komen disana.

Gimana nih buat menghadapinya?

Jadi dengan koneksi yang sekarang makin kencang, daripada kita marahin tuh yang buat konten negatif, lebih baik kita lawan dengan buat konten positif. Ga mesti yang ribet, contohnya kalau lagi jalan jalan, kan bisa share tips traveling seperti Jalan Jalana Men yang berbagi spot wisata kece yang dulunya sepi sekarang jadi rame, jadi memajukan pariwisata deh. Juga tidak melulu harus dengan kuota yang besar, dengan kuota yang sedikit pun kita bisa memberikan efek yang besar, tinggal pilih mau yang positif atau negatif.

smartfren 4G mencerdaskan indonesia lewat internet
Bang Din dan peran blogger di era digital

Tidak hanya dari smartfren, ada juga pembicara dari blogger Medan yaitu bang Din yang membahas peran blogger di era digital. Menurut bang Din, ada beberapa peran blogger yaitu, penyebar informasi dan pengetahuan, penyeimbang media mainstream, sebagai Public Realtion, juga untuk menyampaikan opini.

Setelah acara sharing bermanfaat ini selesai, selanjutnya ada kuis kecil kecilan yang kemudian ada blog competition selama satu jam. Pemenang akan mendapatkan Andromax dan nantinya akan ditandingkan lagi di tingkat nasional, wooww!!

smartfren 4G mencerdaskan indonesia lewat internet
lomba blog dalam waktu sejam, siapa yang bakal menang ya?

smartfren 4G mencerdaskan indonesia lewat internet
mas Win lagi cerita tentang Smartfren Community

Hari itu juga dibentuk Medan Smartfren Community, komunitas untuk kita saling berbagi informasi yang tidak melulu tentang Smartfren dan produknya. Asiknya lagi, anggotanya tidak harus pengguna Smartfren dan bukan hanya blogger, tapi juga dari berbagai profesi. Medan merupakan kota ke 15 nih yang ikut Smartfren Community ini, yuk gabung!

MiFi Andromax M3Z
dapat ini dari kuis biar makin rajin ngeblognya xD